svchost.exe : Penanganan problem yang berhubungan dengan svchost.exe

Penanganan svchost.exe
Tulisan ini dibuat sebagai salah satu sharing problem berikut penanganan yang mungkin bisa dipraktekkan berkaitan dengan eksekusi svchost.
Biasanya problem mulai muncul ketika komputer terpasang antivirus baik itu mcafee, avira, atau bisa saja yang lainnya. Akan muncul pesan kegagalan eksekusi, error, hang, dll berkaitan dengan svchost.exe.

Terlebih dahulu mari kita mengenal apa itu svchost.exe

Svchost.exe merupakan nama proses host generik untuk layanan yang dijalankan dari dynamic-link libraries (DLL).
Berkas Svchost.exe terletak di dalam map %SystemRoot%System32. Pada proses persiapan, Svchost.exe memeriksa bagian layanan registri untuk menyusun daftar layanan yang harus dimuat. Svchost.exe dapat dijalankan beberapa kali sekaligus dalam satu waktu. Setiap sesi Svchost.exe dapat berisi sekelompok layanan. Oleh karena itu, layanan yang terpisah dapat berjalan, tergantung pada bagaimana dan di mana Svchost.exe dimulai. Kelompok layanan ini memungkinkan kontrol yang lebih baik dan debugging yang lebih mudah.

Grup Svchost.exe diidentifikasi dalam kunci registri berikut ini:HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsNTCurrentVersionSvchostSetiap nilai di bawah kunci ini melambangkan grup Svchost yang berbeda dan muncul sebagai item yang terpisah ketika Anda sedang melihat proses aktif. Setiap nilai merupakan nilai REG_MULTI_SZ dan berisi layanan yang dijalankan di bawah grup Svchost tersebut. Setiap grup Svchost dapat berisi satu nama atau lebih layanan yang diekstrak dari kunci registri berikut ini, yang kunci Parameters-nya berisi nilai ServiceDLL :HKEY_LOCAL_MACHINESystemCurrentControlSetServicesServiceUntuk melihat daftar layanan yang berjalan di dalam Svchost:

1. Klik Mulai pada taskbar Windows, kemudian klik Jalankan.
2. Pada Buka, ketik cmd, kemudian tekan ENTER.
3. Ketik Tasklist /SVC, kemudian tekan ENTER.
Tasklist menampilkan daftar proses yang aktif. Switch /SVC menunjukkan daftar layanan aktif di setiap proses. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sebuah proses, ketik perintah berikut ini, kemudian tekan ENTER:Tasklist /FI “PID eq processID” (dengan tanda petik)

Contoh output Tasklist berikut ini menunjukkan dua item dari Svchost.exe yang sedang berjalan.

Nama Image PID Layanan=================================================================
Proses Sistem 0 N/ASistem 8 N/ASmss.exe 132 N/ACsrss.exe 160 N/AWinlogon.exe 180 N/AServices.exe 208 AppMgmt,Browser,Dhcp,Dmserver,Dnscache,Eventlog,LanmanServer,LanmanWorkstation,LmHosts,Messenger,PlugPlay,ProtectedStorage,Seclogon,TrkWks,W32Time,WmiLsass.exe 220 Netlogon,PolicyAgent,SamSsSvchost.exe 404 RpcSsSpoolsv.exe 452 SpoolerCisvc.exe 544 CisvcSvchost.exe 556 EventSystem,Netman,NtmsSvc,RasMan,SENS,TapiSrvRegsvc.exe 580 RemoteRegistryMstask.exe 596 ScheduleSnmp.exe 660 SNMPWinmgmt.exe 728 WinMgmtExplorer.exe 812 N/ACmd.exe 1300 N/ATasklist.exe 1144 N/A
Berikut ini adalah pengaturan registri terhadap kedua kelompok untuk contoh ini:HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindows NTCurrentVersionSvchost:Netsvcs: Reg_Multi_SZ: EventSystem Ias Iprip Irmon Netman Nwsapagent Rasauto Rasman Remoteaccess SENS Sharedaccess Tapisrv NtmssvcRApcss :Reg_Multi_SZ: RpcSs

Selain itu di CodePlex, komunitas proyek open source Microsoft, ada salah satu program kecil yang bisa mempermudah kita mengetahui lebih detail tentang svchost.exe.
Namanya svchostViewer, aplikasi kecil ini, seperti namanya memang di design khusus untuk melihat lebih detail tentang apa saja yang dijalankan oleh svchost.exe. Meskipun kita bisa mengetahui lebih detail dengan Process Explorer dari sysInternalls, tetapi dengan aplikasi ini lebih mudah pengunaannya.
Software ini akan melakukan scan (pencarian) tentang svchost.exe yang berjalan di sistem dan akan ditampilkan dalam Treeview, termasuk detail aplikasi yang dijalankannya, berikut beberapa fitur svchostViewer :
* Melihat semua svchost.exe yang berjalan di komputer
* Memberikan sub detail tiap-tiap proses dan proses/aplikasi apa saja yang dijalankan.
* Menampilkan besar penggunaan Memory (RAM), besar data yang di proses dan “thread” yang aktif untuk tiap-tiap svchost.exe
* Deskripsi tiap-tiap process yang dijalankan serta Program Path ( lokasi file dan parameter dalam menjalankannya).

PROBLEM YANG MUNCUL DAN PENANGANANNYA

Jika anda pengguna antivirus McAfee, menggunakan Windows XP dan melakukan upadate dengan McAfee DAT 5958, kemungkinan besar komputernya akan mengalami masalah. Di update ini McAfee salah mendeteksi file windows yang cukup penting svchost.exe, sebagai virus sehingga berakibat komputer akan sering restart/booting.
File svchost.exe danggap terinfeksi virus W32/Wecorl.a, sehingga sistem menjadi tidak stabil dan senantiasa reboot. Lalu, bagaimana mengatasi jika hal ini terjadi ?Ini sebetulnya sudah diketahui oleh McAfee dan segera bertindak cepat dengan merilis informasi update, penjelasan dan cara mengatasinya. Sebelumnya McAfee sudah memberikan solusi permasalahan ini dengan update terbaru, penjelasannya termasuk serta langkah manual mengatasi hal itu yang bisa dilihat dari halaman http://vil.nai.com/vil/5958_false.htm.
Kemudian, baru saja, McAfee memperbarui teknik perbaikan jika komputer mengalami masalah akibat salah deteksi diatas.
Kali ini caranya lebih mudah, lakukan langkah sebagai berikut :
1. Download McAfee SuperDAT recovery tool dari komputer yang tidak terinfeksi atau warnet
2. Jalankan komputer yang terkena masalah melalui Safe Mode
3. Jalankan SuperDAT recovery tool di komputer tersebut
4. Restart komputer secara normal, kemudian download update terbaru dari mcafee
Menuru laporan McAfee, kejadian ini sepertinya hanya berpengaruh di Microsoft Windows XP dengan SP3 dan tidak berpengaruh di versi lainnya (Vista atau Windows 7).
Informasi selengkapnya bisa melihat McAfee Support articlePada avira pun tidak jauh berbeda. File svchost.exe danggap terinfeksi virus sehingga sistem menjadi tidak stabil.

Mengingat svchost.exe memakan memori cukup besar, maka tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan berbagai kendala yang berkaitan dengan kinerja memori.Hal ini bisa ditanggulangi dengan penanganan Data Execution Prevention (DEP).

Data Execution Prevention (DEP) merupakan penanganan sekuriti yang diincludkan pada sistem operasi modern microsoft windows yang bertujuan menghalangi aplikasi atau servis yang akan mengeksekusi code dari wilayah memori yang tidak tereksekusi.Dengan tidak mengaktifkan DEP untuk svchost.exe, maka problem yang berkaitan dengan svchost.exe tidak akan terjadi lagi.Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buka Control Panel dan klik Performance and Maintenance
2. Pilih System. Akan muncul jendela System Properties
3. Pilih Tab Advanced dan klik pada Settings untuk Performance
4. Akan muncul jendela Performance Options, lalu pilih tab Data Execution Prevention
5. Pilih Radio Button “Turn on DEP for all programs and services except those I select :
6. Pada daftar pilih Generic Host Process for Win32 Services. Jika pada daftar tidak muncul, bisa menekan tombol Add dan cari di folder C:/Windows/Win32.
Jika sudah, jangan lupa menekan tombol Apply / OK.Setelah komputer di restart, problem yg berkaitan dengan svchost.exe tidak akan muncul lagi.Selamat mencoba, semoga bermanfaat..!

NB : Tolong koreksi jika ada yang tidak sesuai, please..!!!

Beberapa isi tulisan diambil dari :


Share To:  |  Digg  |  Google+  |  Lintas Me  |  Ping Google  |  Facebook  |  Twitter
Category: Tips n Trik
Artikel yang Mungkin Berkatan :
  1. ajie: Start > search klik all fil...
  2. Rifki Taufik: kurang minat gan......
  3. agung: kenapa hp saya nexian g801 kal...
  4. diky yo: modem smartfren yang seperti i...
  5. Gudang Ilmu: wah, ini nih software yang say...
  6. Latif Ramadan: Gan software bisa jalan pake l...
  7. wahyu: @inod : nitip bantingin punya ...
  8. Kang Sophyan: Wuiih.. dibanting dengan kecep...
  9. tanpa nama: info yang bagus gan, bagus.. s...
  10. inod: SemarKamFreet . . . Smartfren...