SmartFren Connex, Stabil?

Beberapa saat lalu, saya terlibat diskusi dengan beberapa pihak tentang sebuah modem yang sedang menghipnotis jagad maya. SmartFren dengan promo harga murah saat ini, yaitu Rp 199.000,00 membuat gempar dunia modem dan sekitarnya. Bahkan modem EVDO ini sempat menghilang dari pasar (atau paling tidak sangat sulit dijumpai), kemudian muncul kembali dengan harga yang lebih tinggi (tidak lagi sesuai promo iklannya; sekitar 220rb-an) karena insan manusia banyak yang memburunya.

Diskusi tersebut telah memberikan gambaran tentang keunggulan dan kelemahan modem ini. Sebagian besar pihak yang saya temui, mengalami masalah yang sejenis (kalau tidak bisa dikatakan benar-benar sama). Masalah itu adalah koneksi yang tidak stabil bahkan cenderung drop dalam jangka waktu penggunaan kira-kira 1 (satu) minggu setelah kartu diaktifkan.

Saya sendiri, adalah pengguna SmartFren AC682 mengalami hal serupa. Saya yang hobi download, (awalnya) sangat puas dengan kinerja modem ini. Urusan browsing dan nyedot-menyedot, sangat lancar dan jauh lebih mumpuni daripada modem yang saya pakai sebelumnya (memakai flexy).

Penurunan kualitas transfer data saya rasakan pada minggu ke-2 pemakaian. Selain sering putus nyambung, koneksi juga sering gagal. Sohib saya berpendapat, kuota (volume) pemakaian gratis-nya telah habis (secara saya cukup brutal urusan download). Hampir saja saya setuju dengan pernyataan sahabat tersebut (kemudian berpikir untuk segera mengisi pulsa). Untungnya, saya membuang jauh pikiran itu dan telah menemukan jalan keluarnya.

Awalnya, saya memasang modem ke perangkat lain (laptop rekan kerja saya). Setelah proses instal selesai, saya mencoba menggunakannya. Dan saya cukup terkejut dengan apa yang terjadi, download dan browsing sungguh begitu bersahabat. Kesimpulan dini: Instal ulang menyelesaikan masalah.

Namun ternyata tidak, saya mencoba memasang program baru (uninstal-instal) SmartFren Connex di PC. Koneksi yang lemah dan transfer data yang tidak stabil masih saya alami. Saya kembali berpikir dan berusaha mencari solusi. Hingga akhirnya mencoba memindahkan akses modem ke port USB yang lain (memasukkan ke port USB lain; berbeda dari USB yang biasa saya pakai; dari USB depan ke USB-IO belakang). And, that’s really work. Saya mendapatkan koneksi yang saya dambakan, kembali dapat menikmati akses yang sempat hilang.

Saya tidak dapat menjelaskan secara pasti mengapa hal ini bisa terjadi, tetapi begitulah adanya. Mungkin, dengan akses port USB yang diganti (dipindahkan), sistem akan mendeteksi konfigurasi baru untuk modem, dan kemudian melakukan refresh setting modem seperti pada awal penggunaannya. Just 4 share, saya telah mengunduh data ke PC kurang lebih hingga 70GB dalam waktu 30 hari penggunaan free unlimited dari paket modem ini.

Dari beberapa sumber, cara lain yang mungkin bisa dicoba (untuk kasus yang sama) adalah dengan menghapus program (bawaan yang telah ada di hardisk: uninstal), kemudian meng-instal program (driver) baru secara terpisah (didapat dari website www.smartfren.com atau direct link ini)

NB : Saya tidak bisa menjamin tindakan tersebut dapat berjalan seperti yang saya alami. Tapi tampaknya bukan menjadi masalah dan tidak ada salahnya untuk mencoba, demi keberlangsungan free unlimited yang Anda miliki.
Pengalaman setelah masa free unlimited, silakan simak di sini.

DRIVER SmartFren AC682

downloaad button

Share To:  |  Digg  |  Google+  |  Lintas Me  |  Ping Google  |  Facebook  |  Twitter
Artikel yang Mungkin Berkatan :
  1. Rifki Taufik: kurang minat gan......
  2. agung: kenapa hp saya nexian g801 kal...
  3. diky yo: modem smartfren yang seperti i...
  4. Gudang Ilmu: wah, ini nih software yang say...
  5. Latif Ramadan: Gan software bisa jalan pake l...
  6. wahyu: @inod : nitip bantingin punya ...
  7. Kang Sophyan: Wuiih.. dibanting dengan kecep...
  8. tanpa nama: info yang bagus gan, bagus.. s...
  9. inod: SemarKamFreet . . . Smartfren...
  10. Om Didien: @Damm : Makasih atas informasi...