SCHOOL CORNER – Sekolah Idaman

:: Sekolah Idaman (part02) ::

 

Setelah kita bahas rasa tidak puas beraktivitas di sekolah pada edisi lalu, mari langsung saja disimak harapan dan keinginan serta kriteria sekolah idaman menurut para siswa.
First of All, kita tengok dulu mengenai fasilitas sekolah. Dari sekian banyak fasilitas yang ada di sekolah, ruang kelas menjadi tempat yang school corner, artikel tentang kegiatan yang berhubungan dengan sekolah, bukan sesuatu yang berikatan dekat dengan kegiatan di sekolah,begitu dekat dan lekat dengan kita para siswa, sekaligus area yang paling mengesankan. Ya, tentu saja karena di sinilah guru dan siswa menghabiskan sebagian besar waktu kita di sekolah.
Jadi, rasanya tak berlebihan kalo para siswa menginginkan fasilitas di dalam ruangan kelas yang lengkap, nyaman dan bisa mendukung semangat belajar.

 

Air Conditioned Room
Sampai saat ini fasilitas AC di ruang kelas sekolah belum merata, alias masih banyak sekolah yang tanpa pendingin ruangan. Udara panas dan nggak menentu menjadi alasan utama diimpikannya AC sebagai sahabat kegiatan belajar mengajar.
Selain belajar lebih konsentrasi (tak terganggu dengan rasa gerah dan kibas-kipas nan kurang penting), ruang kelas ber-AC secara tak langsung juga jadi lebih bersih. Nah, jadi semakin nyaman kan??

school corner - sekolah idaman, kelas ber-AC

Change the Board
Media papan tulis semakin hari semakin membosankan bagi sebagian siswa. guru perlu alat lain untuk memberikan pelajaran selain menerangkan di papan tulis. Dengan kaat lain, mengganti papan tulis bukan lagi sebagai objek utama saat belajar adalah ide yang cemerlang. Papan tulis sebisa mungkin hanya digunakan saat-saat tertentu seperti menerangkan hal penting, mengerjakan soal, dan sejenisnya.
Proyektor bisa menjadi solusi untuk belajar. Guru menjelaskan materi secara langsung menggunakan slide presentasi yang menarik, siswa nggak bosan dan visualisasinya lebih jelas. Dengan begitu, tak perlu juga banyak mencatat yang sedang diberikan oleh guru, tinggal minta (copy) materinya saja. Proses belajar mengajar semakin mudah dan efisien.

school corner - sekolah idaman, kelas asik, ganti papan tulis dengan projector

Computing Learn
Nggak cuma di ruang komputer, tapi juga di setiap ruang kelas. Pengajar atau guru hanya perlu flashdisk, tancap dan memulai presentasi materi belajar. Perlu juga sebagai pelengkap adalah sound system yang memadai sehingga materi dan proses belajar akan tersampaikan dengan maksimal. Sound system ini juga diharapkan terintegrasi dengan pusat komputer atau multimedia sekolah, sehingga bisa membagi berbagai informasi atau pengumuman penting ke seluruh ruang kelas dan sekolah.

school corner - sekolah idaman, kelas asik computing learn

Comfortable Seat
Meja dan kursi harus juga nyaman. Tak perlu sofa super empuk, yang penting bisa mengakomodasi kebutuhan akan kenyamanan siswa saat duduk belajar dan menerima materi dari guru. Meja-pun begitu, yang enak buat nulis dan diskusi, kokoh dan bersih, plus lengkap dengan laci yang fungsional sebagai tempat penyimpanan alat tulis siswa.

school corner - sekolah idaman, kelas asik tempat duduk empuk

(dari berbagai sumber)

Share To:  |  Digg  |  Google+  |  Lintas Me  |  Ping Google  |  Facebook  |  Twitter
Artikel yang Mungkin Berkatan :
  1. ajie: Start > search klik all fil...
  2. Rifki Taufik: kurang minat gan......
  3. agung: kenapa hp saya nexian g801 kal...
  4. diky yo: modem smartfren yang seperti i...
  5. Gudang Ilmu: wah, ini nih software yang say...
  6. Latif Ramadan: Gan software bisa jalan pake l...
  7. wahyu: @inod : nitip bantingin punya ...
  8. Kang Sophyan: Wuiih.. dibanting dengan kecep...
  9. tanpa nama: info yang bagus gan, bagus.. s...
  10. inod: SemarKamFreet . . . Smartfren...