SCHOOL CORNER – Belajar Asik

:: Cara Asik Belajar ::

SCHOOL CORNER - Belajar AsikKali ini, School Corner membahas kegiatan di luar sekolah yang sangat dekat dan sungguh terikat dengan lekat dengan proses formal di kelas. Kalo di kelas proses belajar kita adalah menerima materi, maka yang dimaksud belajar di luar sekolah adalah kegiatan mengulang dan mendalami materi yang sudah kita terima sebelumnya sekaligus mengintip (sedikit) materi yang akan diterima.
Gimana kebiasaan temen-temen kita untuk bisa enjoy belajar? Seperti apa trik yang mungkin diperlukan untuk belajar asik? Silakan disimak. Yang mau usul, juga boleh.

 

>> Belajar Bareng
Ini nih salah satu hal yang bisa bikin belajar kita asoy. Selain bisa diskusi materi pelajaran, kita juga bisa berkompetisi dengan belajar bareng, terlebih lagi bisa ketemu sama temen. Gak cuma pas punya tugas atau peer aja, kalo perlu belajar bareng secara rutin. Selain bisa memacu semangat, belajar yang kayak gini bisa dijadikan sebagai bahan introspeksi dan mengukur kemampuan akademik diri sendiri. Kita yang awalnya kurang gereget, jadi ikutan berhasrat waktu liat temen belajar seru dengan saling ngasih pertanyaan. Kita yang mulanya cuma bisa bengong, jadi bisa ikutan sibuk dan aktif waktu temen diskusi.

Belajar Bareng

>> Belajar di Luar Ruangan
Suasana baru atau berbeda kadang bisa membuat tubuh kita rileks. Dengan perasaan yang tenang, maka pikiran kita bisa dengan mudah menyerap materi yang sedang dipelajari. Dengan kondisi yang menyenangkan, maka pikiran kita juga dengan tanpa beban menerima dan mencerna bab yang didalami. Dengan angin sepoi-sepoi dan dalam naungan pohon teduh (di bawah pohon, misalnya) maka lelah kita terlupa, asal gak terlena trus ketiduran pules aja sih.

Belajar di Luar Ruangan

>> Praktek dan Latihan
Dengan memperoleh peragaan, maka kita akan semakin paham dengan apa yang sedang kita pelajari. Atau paling gak, kita tahu seperti apa dan bagaimana sih aplikasi materi yang didalami. Contoh simpelnya, kita belajar tentang tumbuhan atau daun, maka kita bisa mendekati sebatang pohon, kemudian mengamati daunnya, trus kalo udah ajak kenalan dan minta nomer hapenya, biar lebih akrab, hehehee… Begitu halnya dengan latihan, kata orang (entah siapa. Maaf,belum sempet kenalan) Practice Makes Perfect yang kira-kira artinya latihan membuat permen, lho?? Latihan membuat kita semakin mahir (sempurna). Latihan dalam belajar bisa diterapkan pada pelajaran itung-itungan, karena dengan melatih diri untuk mengerjakan soal, maka kita semakin paham bagaimana cara untuk menjawab dan menyelesaikan soal.

Praktek dan Latihan

>> Akronim untuk Hapalan
Cara belajar asik berikutnya adalah menyusun kalimat atau materi tertentu (biasanya berupa hapalan) untuk memberikan alternatif cara mengahapal dengan cepat dan lengkap. Tak jarang, akronim yang telah kita susun tidak dapat dimengerti oleh teman atau orang lain, jadi hanya kita yang tau. Akronim ini bisa membentuk satu kata-kata atau kalimat yang unik, atau lucu sehingga tidak mudah dilupakan. Satu hal yang mungkin perlu diperhatikan, membuat rangkaian atau akronim untuk hapalan jangan terlalu unik atau rumit, karena bisa jadi malah menyulitkan kita untuk menjabarkan dan mengartikannya.

Akronim untuk Hapalan

>> Membuat Catatan Kecil
Ingat, ini bukan contekan. Catatan kecil ini hanya sebagai rangkuman materi. Hampir sama dengan membuat akronim, catatan-catatan kecil ini digunakan untuk mempermudah kita menghapal, mengingat dan mengulas materi yang telah kita terima. Catatan ini bisa dibuat sekreatif dan semenarik mungkin sehingga memnberikan kesan spesial, baik saat kita membuat, ataupun ketika membuka dan membacanya. Namun, membuat rangkuman seperti ini memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Membuat Catatan Kecil

>> Pilih Waktu yang Tepat
Maksudnya, cari waktu yang menguntungkan buat kamu untuk belajar. Misalnya nih, kamu capek tadi di sekolah abis olahraga, lanjut ekskul seabis jam pulang, so kayaknya gak mungkin (atau terlalu maksa) kalo belajar di sore atau malem hari jam 7 ato jam 8 gitu. Mending tentukan sendiri kapan kamu belajar, apakah pagi-pagi banget sebelum ayam berkokok, atau tengah malem di keheningan suasana yang sangat tenang. Tentu saja, perlu komitmen yang tinggi untuk bisa menepati janji dan keputusan yang udah diambil buat kapan belajar yang pas.

Pilih Waktu yang Tepat

Well, itu dia beberapa cara asik untuk belajar. Kamu cenderung cocok yang mana, silakan pilih dan coba. Selamat belajar.

Share To:  |  Digg  |  Google+  |  Lintas Me  |  Ping Google  |  Facebook  |  Twitter
Artikel yang Mungkin Berkatan :
  1. ajie: Start > search klik all fil...
  2. Rifki Taufik: kurang minat gan......
  3. agung: kenapa hp saya nexian g801 kal...
  4. diky yo: modem smartfren yang seperti i...
  5. Gudang Ilmu: wah, ini nih software yang say...
  6. Latif Ramadan: Gan software bisa jalan pake l...
  7. wahyu: @inod : nitip bantingin punya ...
  8. Kang Sophyan: Wuiih.. dibanting dengan kecep...
  9. tanpa nama: info yang bagus gan, bagus.. s...
  10. inod: SemarKamFreet . . . Smartfren...