Mengapa Pohon Berdarah Lengket

Damar atau getah pohon (atau bisa disebut secara sederhana sebagai darah pohon) adalah cairan yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan Little Things (Mengapa dan Bagaimana), bahasan tentang pertanyaan dan hal kecil yang terkadang terabaikan, penjelasan tentang hal kecil dan sepele,perkembangan pohon, sekaligus memelihara keberlangsungan hidupnya. Secara umum, getah pada pohon ini berfungsi untuk menghubungkan berbagai bagian dalam pohon. Dengan getah ini, seluruh permukaan dan bagian pada pohon akan mendapatkan nutrisi yang diproduksi oleh daun, serta mengalirkan oksigen yang terserap.

Fungsi khusus damar adalah sebagai plester untuk menutup luka atau bilur pada kulitnya. Saat sebuah cabang pohon patah, maka akan keluar getah yang lengket di tempat patahan tersebut dan dengan begitu akan menggantikan fungsi kulit yang terluka itu, dimana dibawah lapisan getah ini akan tumbuh kulit yang baru.
Getah ini dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar yang tersimpan dalam saluran di dalam pohon, yang akan keluar ketika benar-benar diperlukan. Dan banyaknya getah yang dimiliki oleh sebuah pohon tergantung oleh banyaknya kelenjar getah yang ada. Jadi, jenis pohon yang satu mempunyai getah yang berbeda banyaknya dengan jenis pohon lain.

Little Things (Mengapa dan Bagaimana), penjelasan tentang hal kecil dan sepele, Mengapa Pohon Berdarah Lengket?, getah pohon atau damar atau darah pohon,

Getah atau darah pohon ini juga menimbulkan bau pada pohon atau kayunya. Semakin banyak damar di dalam pohon, semakin tajam dan sedap bau kayu itu. Sebaliknya, semakin sedikit damar yang terkandung di dalam pohon, maka semakin lemah bau yang dimiliki bahkan terkadang tidak berbau sama sekali.

Damar pohon yang sangat terkenal dan menjadi bahan baku utama pembuatan karet adalah satu jenis damar istimewa dari pohon perca. Damar karet itu ditadah di dalam mangkuk setelah batang pohon ini dilukai.

Little Things (Mengapa dan Bagaimana), penjelasan tentang hal kecil dan sepele, Mengapa Pohon Berdarah Lengket?, getah pohon atau damar atau darah pohon,

(dari berbagai sumber)

Share To:  |  Digg  |  Google+  |  Lintas Me  |  Ping Google  |  Facebook  |  Twitter
Artikel yang Mungkin Berkatan :
  1. ajie: Start > search klik all fil...
  2. Rifki Taufik: kurang minat gan......
  3. agung: kenapa hp saya nexian g801 kal...
  4. diky yo: modem smartfren yang seperti i...
  5. Gudang Ilmu: wah, ini nih software yang say...
  6. Latif Ramadan: Gan software bisa jalan pake l...
  7. wahyu: @inod : nitip bantingin punya ...
  8. Kang Sophyan: Wuiih.. dibanting dengan kecep...
  9. tanpa nama: info yang bagus gan, bagus.. s...
  10. inod: SemarKamFreet . . . Smartfren...