Mengapa Ikan Tidak Mati Lemas dalam Air?

:: Mengapa Ikan Tidak Mati Lemas dalam Air? ::

Semua makhluk hidup memerlukan oksigen untuk hidup dan bernapas. Manusia dan binatang menyusui mengambil oksigen dari udara, dengan cara menghirupnya saat bernapas. Oksigen diambil menuju paru-paru, dan kemudian oleh darah diangkut ke seluruh tubuh. Tetapi, oksigen artikel menarik tentang hal-hal kecil, bahasan tentang pertanyaan dan hal kecil yang terkadang terabaikan, penjelasan tentang hal kecil dan sepeletidak hanya terdapat di ruang terbuka atau udara, di dalam air juga terdapat oksigen yang berbentuk cair. Air beroksigen?? Ya, seperti iklan minuman ber’energi’ dan mengandung lebih banyak oksigen.

Manusia dapat menangkap oksigen di udara melalui hidung, sementara ikan memiliki organ bernama insang untuk menyerap dan menyaring oksigen dalam air. Kita akan sering melihat ikan menggerak-gerakkan mulutnya, dan disitulah proses ikan bernapas. Ikan menekan dan memasukkan air ke dalam insang, menyaring oksigen, lalu kembali mengeluarkan udara dari insangnya. Sudah menjadi takdirnya bila insang ikan ini harus selalu terisi air, sehingga mereka tidak lemas terus menerus berada di dalam air.

ikan bernapas dalam air, bahasan tentang pertanyaan dan hal kecil yang terkadang terabaikan, penjelasan tentang hal kecil dan sepele

Sebaliknya, ikan akan lemas saat diangkat dari air meskipun di udara terdapat oksigen. Mengapa? Karena insang mereka kering dan tidak mendapat asupan oksigen untuk bertahan hidup. Sama halnya apabila manusia masuk ke dalam air (tanpa bantuan alat pernapasan), hidung dan paru-paru yang seharusnya selalu kering terisi oleh air. Meski di dalam air sebenarnya terdapat oksigen, organ pernapasan manusia tidak dapat mengambil atau menyaringnya dari air.

animasi ikan .gif, ikan bernapas dalam air, bahasan tentang pertanyaan dan hal kecil yang terkadang terabaikan, penjelasan tentang hal kecil dan sepele

(dari berbagai sumber)

Share To:  |  Digg  |  Google+  |  Lintas Me  |  Ping Google  |  Facebook  |  Twitter
Artikel yang Mungkin Berkatan :
  1. Rifki Taufik: kurang minat gan......
  2. agung: kenapa hp saya nexian g801 kal...
  3. diky yo: modem smartfren yang seperti i...
  4. Gudang Ilmu: wah, ini nih software yang say...
  5. Latif Ramadan: Gan software bisa jalan pake l...
  6. wahyu: @inod : nitip bantingin punya ...
  7. Kang Sophyan: Wuiih.. dibanting dengan kecep...
  8. tanpa nama: info yang bagus gan, bagus.. s...
  9. inod: SemarKamFreet . . . Smartfren...
  10. Om Didien: @Damm : Makasih atas informasi...