Cara Menghapus Virus Shortcut Manual

Virus Shortcut memang salah satu virus yang paling menyebalkan yang pernah ada. Udah di hapus shortcut-nya, tau-tau nongol lagi, dihapus lagi, nongol lagi, dihapus lagi, nongol lagi, ahh,, capek.
Virus ini memang akan terus muncul dan muncul lagi bila “biang keroknyaVirus Shortcut tidak di beri pelajaran.
Lalu dimanakah ”biang keroknya”?
Bagaimana cara “membunuhnya”?.
Ok, Siapkan mental anda, tarik nafas dalam-dalam, tahan 3 hari baru hembuskan… (Yang ilang bukan Virusnya tapi malah Anda… hehe soir becanda… Serius AMAT..?! AMAT aja kagak Serius Kok… ) tapi kali ini beneran Serius (bukan nama Band)
Simak tulisan singkat berikut ini, cekidot!

 

  1. Sebelum mulai membasmi virus, matikan dulu system restore agar computer tidak membackup virus tersebut. Caranya buka Start > All programs > Accessories > System tools > System Restore, Lalu klik system restore setting, akan muncul jendela kecil, lalu centang kotak turn off system restore, klik OK
  2. Sekarang, kita akan mematikan dulu proses dari virus ini. Caranya buka task manager (Ctrl+Alt+delete) lalu klik tab processes. Cari proses dengan nama wscript.exe, setelah ketemu klik kanan lalu pilih end process > yes.
    Namun bila task manager Anda gak bisa dibuka karena registry Kompi Anda sudah terinfeksi virus juga silakan download dulu restore registy disini (rar file 1kb) atau disini tinggal download dan klik 2X untuk menjakankannya.
  3. Lanjut Gan… Setelah proses-nya kita matikan, sekarang kita akan mencari file “si biang kerok” wscript yang bermarkas di C:WindowsSystem32, setelah ketemu langsung saja bunuh (hapus) file menyebalkan itu.
  4. Setelah “bos”-nya terbunuh, maka virus shortcut sekarang dapat dihapus tanpa khawatir akan muncul lagi. Wscript punya 3 anak buah, yaitu : Autorun.inf , Microsoft.inf dan file .lnk
  5. Untuk menghapusnya, buka search (start > search) lalu klik all files and folders, isi kolom all or part of the file name dengan Autorun.inf, lalu klik more advance option dan centang kolom search hidden files and folders, kamudian klik tombol search untuk mulai mencari file yang dimaksud. Setelah proses pencarian selesai, “bunuh” semua file autorun.inf dengan cara menghapusnya. Dengan begitu anak buah pertama sudah kita bereskan.
  6. Sekarang kita tinggal membereskan anak buahnya yang kedua, yaitu Microsoft.inf. Caranya sama dengan yang diatas (langkah 5), kita tinggal mengganti nama autorun.inf dengan Microsoft.inf. Setelah pencarian selesai, hapus semua file Microsoft.inf
  7. Sekarang yang tersisa tinggal file .lnk Lakukan cara yang sama dengan yang di atas. Bedanya, Setelah pencarian selesai kita tidak bisa langsung menghapus semua file .lnk karena tidak semua file .lnk adalah virus. Kita dapat membedakannya dari ikon dan lokasinya. Untuk .lnk yang diciptakan virus, ikonnya selalu menggunakan icon ‘folder’ dan berlokasi di C:WindowsSystem32. Sedangkan .lnk yang bukan virus mempunyai gambar ikon sendiri dan lokasinya bermacam-macam.
  8. Setelah manghapus file .lnk buatan virus, langkah terakhir ialah mengaktifkan kembali system restore yang tadi sudah di non aktifkan, lalu restart computer.
  9. Congrats!! Kini computer anda sudah bebas dari virus shortcut. ^_^

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat. Amiin…

Share To:  |  Digg  |  Google+  |  Lintas Me  |  Ping Google  |  Facebook  |  Twitter
Category: Tips n Trik
Artikel yang Mungkin Berkatan :
  1. Rifki Taufik: kurang minat gan......
  2. agung: kenapa hp saya nexian g801 kal...
  3. diky yo: modem smartfren yang seperti i...
  4. Gudang Ilmu: wah, ini nih software yang say...
  5. Latif Ramadan: Gan software bisa jalan pake l...
  6. wahyu: @inod : nitip bantingin punya ...
  7. Kang Sophyan: Wuiih.. dibanting dengan kecep...
  8. tanpa nama: info yang bagus gan, bagus.. s...
  9. inod: SemarKamFreet . . . Smartfren...
  10. Om Didien: @Damm : Makasih atas informasi...